Dibutuhkan 4000 Sipir Lapas

Dibutuhkan 4000 Sipir Lapas
Dibutuhkan 4000 Sipir Lapas
JAKARTA--Pemerintah pusat tetap memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk menjadi tenaga sipir. Dibukanya peluang bagi lulusan sekolah kejuruan ini menyusul banyaknya kebutuhan tenaga lapas di seluruh Indonesia.

Menurut Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN-RB Ramli Naibaho, kebutuhan tenaga lapas yang diusulkan Kementerian Hukum dan HAM adalah 8 ribu orang. Yang sudah terpenuhi baru separuhnya, yakni 4 ribu orang.

"Pemenuhan tenaga lapas tetap menjadi prioritas pemerintah sejak 2007. Tahun ini juga demikian, apalagi banyak lapas yang masih kekurangan tenaga sipirnya," kata Ramli di Jakarta, Kamis (9/6).

Untuk mengurangi tindak anarkis di dalam penjara, Kemenpan-RB akan ikut menetapkan kriteria penerimaan. Di antaranya calon sipir harus mempunyai kematangan psikologis dan sosilogis. Tujuannya agar sipirnya memiliki jiwa mendidik dan bukan membuat tahanan tambah buruh perilakunya.

JAKARTA--Pemerintah pusat tetap memberikan kesempatan bagi lulusan SMK untuk menjadi tenaga sipir. Dibukanya peluang bagi lulusan sekolah kejuruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News