Rekening Liar Makin Marak di PTN

Rekening Liar Makin Marak di PTN
Rekening Liar Makin Marak di PTN
JAKARTA--Setiap pengurus Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) rawan membuka rekening liar, khususnya menjelang penerimaan mahasiswa baru. Tudingan ini langsung datang dari mulut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh.

"Kepemimpinan di universitas itu gonta-ganti terus mulai dari rektor hingga ketua jurusan. Bisa jadi rekening liar di jurusan," ungkap Nuh di Jakarta, Kamis (16/6).

Menurutnya, pembukaan rekening liar tersebut bukanlah dalam arti liar yang sebenarnya. Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menjelaskan, jurusan di masing-masing PTN kerap membuka rekening karena sering mengadakan atau menjalin kerjasama pendidikan dengan pihak-pihak ketiga, misalnya perusahaan.

Namun, lanjut Nuh, rekening itu jarang dilaporkan atau didaftaran ke Kementerian Keuangan. "Sehingga, ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit, menilai bahwa rekening itu rekening liar," jelasnya.

JAKARTA--Setiap pengurus Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) rawan membuka rekening liar, khususnya menjelang penerimaan mahasiswa baru. Tudingan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News