Jadi Beban Anggaran, PNS Disarankan Pensiun Dini

Kemenkeu Siap Jadi Piloct Project

Jadi Beban Anggaran, PNS Disarankan Pensiun Dini
Jadi Beban Anggaran, PNS Disarankan Pensiun Dini
JAKARTA — Kementrian Keuangan menjadi proyek percontohan (piloct project) untuk mencanangkan pensiun dini kalangan PNS di lingkungan kerjanya. Tujuan dari program ini, agar PNS yang tidak produktif lagi memilih untuk pensiun sehingga tidak terlalu membebani anggaran.

Wakil Menteri Keuangan Any Ratnawati mengatakan hampir 70 persen anggaran di daerah saat ini ada yang hanya untuk menggaji pegawai mereka saja. Padahal tidak semua PNS bekerja yang maksimal. Karena itu akan ada system performance based yang akan menilai, kalangan mana saja yang harus segera mengambil pensiun dini.

‘’Daripada menjadi pengangguran tersembunyi, lebih baik mengambil pensiun dini. Dengan begitu ada pilihan mendapatkan penggantian yang tepat. Reviewnya nanti ada di Kementrian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara). Tapi bagi kita ini menjadi bagian dari solus karena jumlah PNS daerah yang besar sekali,’’ jelas Any pada wartawan di Jakarta, Selasa (28/6).

Langkah inipun akan coba dilakukan di Kementrian Keuangan sebagai piloct project. Karena banyak pekerjaan yang saat ini bisa dilakukan tanpa menggunakan SDM. Reformasi birokrasi di Kemenkeu, nantinya akan coba ditularkan hingga ke daerah-daerah.

JAKARTA — Kementrian Keuangan menjadi proyek percontohan (piloct project) untuk mencanangkan pensiun dini kalangan PNS di lingkungan kerjanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News