Selasa, 03 Maret 2015 | 06:07:51

Selasa, 28 Juni 2011 , 23:02:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA—Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menjamin tunjangan profesi guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi akan dibayarkan seluruhnya paling lambat bulan Juli dan Agustus 2011 mendatang. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal menyebutkan, saat ini uang tunjangan profesi guru itu sudah masuk ke rekening masing-masing pemda.

“Tunjangan profesi guru akan dibayarkan pada bulan Juli, atau paling lambat Agustus 2011 ini. Karena uangnya sudah ada di rekening daerah,” jelas Fasli di Jakarta, Selasa (28/6).

Fasli menjelaskan, pembayaran tunjangan profesi guru di tahun 2010 memang terjadi keterlambatan yang disebabkan lambatnya data lulusan sertifikasi guru. Padahal pada saat itu, anggaran sudah diputuskan. Akibatnya, lanjut Fasli, di tahun 2010 tersebut tidak cukup dana untuk membayar tunjangan untuk 12 bulan. “Ada yang kekurangan dua bulan dan ada yang kurang dua bulan. Tapi itu sudah diketahui oleh Kemdiknas, dan sudah kita hitung serta sudah  kita masukkan ke dalam anggaran Kemdiknas tahun 2011 ini,” ujarnya.

Mantan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdiknas ini mengungkapkan, anggaran untuk pembayaran tunjangan profesi guru ini sudah disiapkan oleh Kemdiknas sejak bulan Januari. Akan tetapi, mengingat dana ini bukan gaji dan masih merupakan bagian dari dana yang disebut dana pembangunan, maka itu dibayarkan sesudah bekerja. “Dibayar sekali tiga bulan. Nanti tiga bulan pertama itu, akan dibayar di ujung tiga bulan itu,” sebutnya.

Lantas bagaimana dengan nasib guru di DKI Jakarta yang ternyata sudah 6 bulan belum mendapatkan tunjangan profesi? Fasli menegaskan bahwa itu tergantung di pemerintah daerah. “Seperti yang saya jelaskan tadi, mungkin memang ada yang kurang dua hingga tiga bulan. Hal itu disebabkan karena kurangnya dana di daerah tersebut. Nah, kondisi itu sudah kita ketahui, dan sudah kita masukkan di dalam anggaran tahun 2011 ini,” terangnya lagi.

Fasli menyebutkan, Kemdiknas sudah menyisihkan dana mencapai Rp 30 triliun untuk mentuntaskan pembayaran tunjangan profesi guru di tahun 2012 mendatang.  Sedangkan total jumlah dana yang disiapkan pemerintah untuk tunjangan profesi tahun 2011 ini adalah sebesar Rp22,4 triliun yang merupakan kombinasi daerah dan pusat. “Sebelum dana kita gunakan untuk program lain-lain, akan kita amankan dan kita masukkan sebesar Rp 30 triliun untuk dana tunjangan profesi di tahun 2012. Namun untuk tahun ini mencapai Rp 22,4 triliun,” imbuhnya. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 
        1. 11.06.2013,
          14:39
          Marnis
          Pak..tunjangan sertifikasi saya tak penuh dibayarkan. Thn 2011 kurang 8 bln. Thn 2012 kurang 1 bln. Yg thn 2011 tu..dah ngurus bolak balik..sampai skrg sudah 2 thn pun blm jg dibayarkan... Kami bingung..soalnya tak jelas hrs melapor sama siapa lg. Tlg la pak klu memang hak kami tlg la dicairkan. From mobile
        2. 31.05.2013,
          20:11
          alawiah
          saya lulus sertifikasi tahun 2011 kok sampai sekarang belum keluar sk dirjen sama nrg.kenapa ya...pak sedangkan teman saya sudah keluar.tolong ya

        此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

        获取 Adobe Flash Player