Timnas di Ambang Sekarat

Tak Ada Dana, Tunda Panggil Pemain

Timnas di Ambang Sekarat
Timnas PSSI pada ajang Piala AFC, tahun lalu.
JAKARTA - Desember tahun lalu, pamor timnas Indonesia begitu melambung. Itu setelah Firman Utina dkk bermain apik dan menghibur di Piala AFF 2010 meski akhirnya di final kalah dari Malaysia.

     

Performa ciamik timnas itu membuat harapan kebangkitan persepakbolaan nasional yang terpuruk sempat membuncah. Tapi apa yang terjadi. Enam bulan setelah itu, timnas Indonesia malah sekarat. Penyebab utamanya adalah ambisi kelompok-kelompok tertentu yang ingin menguasai kepengurusan federasi (PSSI).  Karena kisruh seputar kongres PSSI yang berlarut larut timnas jadi tidak terurus. Padahal sederet even penting sudah di depan mata.

Bagaimana tidak sekarat. Timnas, dalam hal ini Badan  Tim Nasional (BTN) kini tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak memiliki sepeserpun dana. Membeli tiket pesawat untuk pemain yang akan diseleksi BTN tidak mampu.

Rencana semula, hari ini BTN akan memanggil 25 pemain timnas senior dan 25 pemain U-23 plus Sembilan calon pemain naturaliasi  untuk mulai melakukan pemusatan latihan. Timnas senior akan menghadapi laga kualifikasi Piala Dunia  putaran kedua zona Asia melawan Turkmenistan pada 23 dan 28 Juli mendatang. Sedangkan timnas U-23 akan turun di ajang Piala AFF U-23 di Palembang pada 16-24 Juli.    

     

JAKARTA - Desember tahun lalu, pamor timnas Indonesia begitu melambung. Itu setelah Firman Utina dkk bermain apik dan menghibur di Piala AFF 2010

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News