Ajang Unjuk Gigi Densus 99

Ajang Unjuk Gigi Densus 99
Ajang Unjuk Gigi Densus 99
JAKARTA - Ada yang baru dan unik di harlah ke-85 NU. Diantara peserta defile yang terdiri dari Badan Otonom PB NU kemarin, terdapat pasukan Datasemen Khusus 99. Berseragam semi militer lengkap dengan ikat kepala warna hitam, pasukan khusus ini nampak penuh semangat mengikuti semua rangkaian Harlah. 

Disinggung tentang hal ini, Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid menjelaskan, Densus 99 terdiri dari 204 personel yang memiliki kemampuan bela diri mumpuni dan ilmu kebal. Detasemen di bawah pimpinan Gus Nuruzzaman ini, menurutnya juga memiliki keahlian dalam menjinakkan bom.

“Densus 99 ini kita dirikan tepat pada hari lahir Ansor 77 pada 24 April 2011 karena banyaknya fenomena radikalisasi keagamaan, banyaknya ledakan bom atas nama agama,” ujar Nusron usai memimpil Apel di Lapangan Timur Stadion Utama Gelora Bung Karno, pagi kemarin (17/7).

Dia menjelaskan, untuk sementara waktu Densus 99 masih berbasis di Kabupaten Cirebon. Ini karena memang inisiatif pendirian kali pertama dilakukan di salah satu kabupaten di Jawa Barat itu. “Densus ini dibentuk memang disiapkan khusus untuk menghadapi kelompok-kelompok garis keras yang berusaha untuk memecah keutuhan NKRI,” tegasnya.

JAKARTA - Ada yang baru dan unik di harlah ke-85 NU. Diantara peserta defile yang terdiri dari Badan Otonom PB NU kemarin, terdapat pasukan Datasemen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News