DPR Pangkas Belanja Barang

DPR Pangkas Belanja Barang
DPR Pangkas Belanja Barang
JAKARTA – DPR meminta pemerintah memangkas belanja barang dan dialokasikan kembali dalam belanja modal dalam APBN Perubahan 2011. Porsi belanja modal yang lebih besar bakal lebih memiliki dampak pengali yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi.

Ketua Badan Anggaran Melchias M. Mekeng mengatakan, DPR telah meminta pemangkasan belanja barang hingga Rp 3 triliun dan akan dialihkan ke dalam belanja barang. Melchias mengatakan, dalam rapat kerja dengan pemerintah yang digelar di Wisma Kopo, Puncak, Bogor, Jawa Barat, pemerintah telah setuju dengan usulan parlemen itu. “Kami telah minta pangkas belanja modal dan direalokasikan ke belanja barang,” kata Melchias, Minggu (17/7).

Dalam data yang dibuat oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementrian Keuangan, persentase realisasi belanja barang masih lebih rendah dibanding tahun lalu. Data per 7 Juli 2011, realisasi belanja barang mencapai Rp 37,7 triliun atau sekitar 27,4 persen. Pada periode yang sama tahun lalu, belanja barang mencapai Rp 32,4 triliun atau 28,7 persen dari anggaran negara.

Sedangkan belanja modal per 27 Juli 2011 mencapai Rp 24,5 triliun atau 16,1 persen. Persentasenya juga lebih rendah dibanding realisasi tahun lalu sebesar 16,6 persen, dengan nilai nominal Rp 17,7 triliun. Sedangkan persentase belanja pegawai sudah relatif tinggi dengan penyerapan 48,8 persen APBN atau Rp 88.2 triliun. Pada periode yang sama tahun lalu, jumlahnya mencapai Rp 80,6 triliun atau 49,5 persen.

JAKARTA – DPR meminta pemerintah memangkas belanja barang dan dialokasikan kembali dalam belanja modal dalam APBN Perubahan 2011. Porsi belanja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News