2012, Daerah Mulai Bisa Usulkan Reformasi Birokrasi

2012, Daerah Mulai Bisa Usulkan Reformasi Birokrasi
2012, Daerah Mulai Bisa Usulkan Reformasi Birokrasi
JAKARTA - Kebijakan pemberlakuan reformasi birokrasi (RB) yang berujung bonus tunjangan kinerja atau remunerasi, bisa jadi ditunggu-tunggu pemerintah daerah. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) mulai berancang-ancang membuka pengajuan usulan RB daerah tahun depan.

 

Proses RB di pemerintah daerah, dimulai dengan sosialisasi gencar oleh Kemen PAN dan RB. Sekertaris Kemen PAN dan RB Tasdik Kinanto menuturkan, pihaknya membagi tiga wilayah sosialisasi. "Tim Reformasi Birokrasi akan diterjunkan untuk memberikan sosialisasi dulu ke daerah-daerah setempat," tandasnya.

 

Dengan sosialisasi ini, diharapkan muncul satu persepsi tentang penerapan RB. Tasdik tidak mau RB hanya diketahui dari tunjangan remunerasinya saja. Lebih dari itu, dia mengatakan roh dari RB adalah upaya daerah untuk pembaharuan dan penataan birokrasi di pemerintah daerah. Baik itu level provinsi dan kabupaten atau kota.

 

Di antara pembaharuan yang harus digenjot diantaranya, sistem pelayanan kepada masyarakat. Selama ini, dihampir seluruh pemerintah daerah, layanan publik masih dipandang negatif. Diantaranya, alur birokrasi yang rumit, butuh waktu lama, dan biaya di masing-masing meja. "Itu semua harus diperbaharui kearah lebih bagus. Setelah itu silahkan usul menjalankan reformasi birokrasi," kata dia.

 

JAKARTA - Kebijakan pemberlakuan reformasi birokrasi (RB) yang berujung bonus tunjangan kinerja atau remunerasi, bisa jadi ditunggu-tunggu pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News