Anggaran Berlipat, Cari Formula Baru Pencairan BOS

Anggaran Berlipat, Cari Formula Baru Pencairan BOS
Anggaran Berlipat, Cari Formula Baru Pencairan BOS
JAKARTA - Kekacauan sistem penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun ini, berupaya dihindari. Apalagi, tahun depan duit yang dikucurkan untuk dana BOS semakin besar. Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) sedang fokus menjadi formulasi pencairan yang terbaik.

Dirjen Pendidikan Dasar Kemendiknas Suyanto menjelaskan, urusan mencari formulasi baru pencairan dana BOS tidak bisa dibahas hanya di internal Kemendiknas. Pembahasan ini melibatkan Badan Perencana dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Dijadwalkan, pembahasan mekanisme baru pencairan dana bos rampung dua minggi ini," ujar Suyanto. Dia menegaskan, persoalan pencairan dana BOS tahun ini tidak terulang lagi untuk tahun depan. Tahun ini, banyak dana BOS yang masih nyantol di rekening pemerintah kabupaten atau kota. Setiap kali ditagih untuk segera disalurkan ke sekolah-sekolah penerima, kepala daerah takut tersangkut pidana korupsi.

Dampak dari keterlambatan pengucuran dana BOS ini cukup serius. Yang paling meresahkan adalah, keterlambatan dana bos menjadi alasan pihak sekolah menodong sejumlah uang kepada orang tua siswa. "Seperti dilakukan saat awal masuk sekolah," jelas Suyanto.

JAKARTA - Kekacauan sistem penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun ini, berupaya dihindari. Apalagi, tahun depan duit yang dikucurkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News