Jimly Minta Chandra Mundur

Jimly Minta Chandra Mundur
Foto: Dok.JPNN
JAKARTA -- Posisi Chandra M Hamzah dalam dunia penegak hukum semakin terjepit. Setelah tak lolos uji makalah seleksi KPK, kini muncul desakan agar Chandra mundur dari pimpinan KPK. "Sebaiknya mundur karena sudah terlalu banyak pro dan kontra," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqqie di DPR kemarin.

Jimly mengaku dirinya pernah menyarankan agar Chanda mengundurkan diri dari KPK. "Chandra dalam hal ini sukarela saja," katanya. Menurut Jimly, Chandra sebaiknya tak melanjutkan masa jabatannya sebagai pimpinan KPK yang tersisa tiga bulan lagi. Apalagi sudah tidak lolos seleksi pimpinan KPK.

Chandra merupakan salah satu calon dari KPK yang gagal dalam tahap uji makalah. Selain Chandra, Deputi Penindakan Ade Raharja dan Johan Budi juga gagal. Menurut Jimly, Pansel KPK memang berhak untuk menilai siapa yang pantas untuk menjabat pimpinan KPK periode mendatang. "Ini kan memang pansel mencari untuk yang akan datang, jadi dia berhak untuk menilai," katanya.

Terkait Komite Etik yang dibentuk untuk membuktikan tudingan Nazaruddin kepada pimpinan KPK, Jimly berpendapat mereka harus mendengarkan keterangan itu. "Pembuktian yang utuh itu, baik proses hukum maupun proses etika, itu Nazaruddinnya harus didengar dulu dan datang dulu. Sehingga baik proses etik maupun proses hukum terhadap orang yang disebut-sebut Nazaruddin belum bisa sebelum dia pulang," katanya.

JAKARTA -- Posisi Chandra M Hamzah dalam dunia penegak hukum semakin terjepit. Setelah tak lolos uji makalah seleksi KPK, kini muncul desakan agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News