Ancaman Kemacetan Masih Menghantui

Persiapan Kementrian PU Siapkan Infrastruktur Angkutan Lebaran

Ancaman Kemacetan Masih Menghantui
Macet. Foto: Ukon Furkon Sukanda/Indopos
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) tidak begitu khawatir tentang kondisi jalan di jalur-jalur utama angkutan lebaran 2011. Tapi, mereka belum berani menggaransi arus mudik dan balik tahun ini bebas dari macet. Meskipun konstruksi jalan sudah mulus, kemacetan diprediksi terjadi di beberapa titik.

Perkembangan kesiapan infrastruktur jalan menghadapi angkutan lebaran 2011 dipaparkan Dirjen Bina Marga Kemen PU Djoko Murjanto. Dalam diskusi di komplek Kemen PU kemarin (4/8), persiapan infrastruktur meliputi jalur pantai utara (pantura) sepanjang 1.182 km, jalur lintas tengah (1.056 km), jalur lintas selatan (1.270 km), dan jaringan jalan tol (668 km).

Djoko menjelaskan, perbaikan infrastruktur jalan di jalur pantura dimulai dari Merak. Di titik ini, sudah difungsikan fly over Merak. "Sudah mulai fungsional Maret lalu," kata dia. Selain itu, juga ada fly over Balaraja.

Sementara perbaikan jalan di Provinsi Jawa Barat dilakukan di Sewo-Lohbener (Indramayu), perbatasan Indramayu-Cirebon, perbatasan Kota Cirebon-Losari, Lingkar Nagrek, perbatasan Kota Banjar-Kalipucang, dan perbatasan Majalengka-Cikijing.

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) tidak begitu khawatir tentang kondisi jalan di jalur-jalur utama angkutan lebaran 2011. Tapi, mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News