Kemdiknas Aktifkan Kembali Tim BOS Daerah

Kemdiknas Aktifkan Kembali Tim BOS Daerah
Kemdiknas Aktifkan Kembali Tim BOS Daerah
JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan kembali mengaktifkan tim Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di daerah. Plt Dirjen Pendidikan Dasar Kemdiknas, Suyanto mengatakan, pengaktifan kembali tim BOS ini disebabkan adanya perubahan skema penyaluran BOS. Yakni, dana dari Kas Umum Negara langsung ke Kas Umum Daerah  langsung ke rekening sekolah.

“Berdasarkan hasil rapat di Kemenko Kesra, skema penyaluran dana BOS yang sementara ini disepakati adalah dari Kas Umum Negara langsung ke Kas Umum Daerah yang kemudian ke sekolah. Dengan begitu, secara otomatis kami berencana akan mengaktifkan kembali tim BOS di daerah,” ungkap Suyanto di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Senin (8/8).

Dijelaskan, tim BOS daerah ini nantinya akan bertugas untuk melakukan monitoring dan mengevaluasi penyelauran dana BOS di masing-masing sekolah. Sehingga, dapat dipastikan bahwa dana BOS sudah tersalurkan dengan baik.

“Nantinya, sekolah juga sudah tidak lagi dituntut untuk membuat Rancangan Kegiatan Anggaran (RKA) seperti penyaluran BOS tahun ini, karena masuk di dalam dana transfer daerah. RKA inilah yang menjadi penyebab utama tersendatnya penyaluran dana BOS di sekolah,” jelasnya.

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan kembali mengaktifkan tim Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di daerah. Plt Dirjen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News