Penyaluran BOS Dipegang Provinsi

Penyaluran BOS Dipegang Provinsi
Penyaluran BOS Dipegang Provinsi
JAKARTA - Berantakannya penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) 2011 membuat Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengubah sistem untuk 2012. Dipastikan, dana BOS akan dipegang pemerintah provinsi, bukan kabupaten atau kota lagi.

Plt Dirjen Pendidikan Dasar Suyanto mengatakan, skema yang diperjuangkan adalah transfer dari kas negara ke provinsi baru ke sekolah. Skema tersebut mirip dengan penyaluran 2009 hingga 2010 dan terbukti tidak ada keterlambatan. Perubahan sistem tersebut tinggal menunggu keputusan Komite Pendidikan Nasional yang dipimpin wakil presiden.

’’Saya kira peluang besar. Terbukti dengan skema sekarang tidak jalan. Tujuan kita untuk perjalanan itu. Supaya ada alternatif. Skema itu sudah diputuskan minggu lalu. Saya kemudian diminta membuat position paper. Jumat nanti akan dipresentasikan di Komite Pendidikan,’’ ujar Suyanto di Jakarta, Senin (8/8).

Mantan dirjen Mandikdasmen ini mengatakan, dengan pengalihan ke provinsi, transfer memungkinkan menggunakan skema bantuan sosial. Sebab, sekolah adalah milik kabupaten atau kota, bukan provinsi. ’’Sekolah tidak perlu membuat Rancangan Kegiatan Anggaran (RKA) lagi. Kembali ke 2010. Tetapi anggaran bukan di pusat lagi. Tapi dana transfer daerah, bukan masuk anggaran dinas. Untuk akomodasi money follow bisa ditegakan dalam prinsip otonomi daerah,’’ jelasn pria asal Jogjakarta ini.

JAKARTA - Berantakannya penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) 2011 membuat Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengubah sistem untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News