Nazaruddin Ceroboh Karena Paspor

Nazaruddin Ceroboh Karena Paspor
Paspor palsu atas nama M Syarifuddin yang digunakan M Nazaruddin selama dalam pelarian.
TERTANGKAPNYA M Nazaruddin tidak lepas dari kecerobohannya dalam menggunakan paspor. Polisi Kolombia mencurigai paspor M. Syarifuddin yang dipegangnya selama kabur dari Indonesia. Setelah digelandang ke kantor polisi setempat, barulah diketahui jika pria tangkapan polisi Kolombia itu adalah buronan Interpol.

     

Berdasar keterangan Dubes Indonesia untuk Kolombia Michael Manufandu, paspor yang dipakai Nazaruddin palsu. Sebab, di paspor hijau tersebut foto dan nama yang digunakan tidak identik dengan M. Nazaruddin. Wajah yang ada dalam foto tersebut berbeda jauh dengan politisi yang menang dari dapil Jawa Timur itu.

Soal bagaimana Nazaruddin bisa mendapatkan paspor atas nama M. Syarifuddin, memang belum bisa terungkap total. Sebab, sejak berita penangkapan Nazaruddin di Kolombia, pejabat di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang memiliki keterkaitan dengan keimigrasian menjadi susah dihubungi. Begitu juga dengan Kabaghumas Kemenkumham Martua Batubara.

   

Juru Bicara KPK Johan Budi menjelaskan bagaimana sebenarnya radar KPK sudah mendeteksi Nazaruddin. Berawal dari informasi di awal Agustus yang menyebut adanya penggunaan paspor palsu di Kolombia. Entah karena selama ini terlalu fokus pada Nazaruddin atau tidak, informasi yang masuk langsung menyebut jika wajah di paspor tersebut mirip Nazaruddin.

   

TERTANGKAPNYA M Nazaruddin tidak lepas dari kecerobohannya dalam menggunakan paspor. Polisi Kolombia mencurigai paspor M. Syarifuddin yang dipegangnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News