Kemdiknas Luncurkan 3 Tulkit Pendidikan Inklusif

Kemdiknas Luncurkan 3 Tulkit Pendidikan Inklusif
Kemdiknas Luncurkan 3 Tulkit Pendidikan Inklusif
JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) meluncurkan tiga tulkit pendidikan inklusif. Perangkat dalam bentuk buku ini digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan lingkungan inklusif ramah terhadap pembelajaran. Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdiknas, Mudjito menyampaikan, tulkit ini merupakan pelengkap dari panduan sebelumnya. Diadaptasi dari UNESCO, buku ini telah diterapkan di berbagai negara.

"Tiga topik ini memperkaya kasanah implementasi di sekolah," ujarnya pada acara peluncuran di Kemdiknas, Cipete, Jakarta, Rabu (10/8).

Mudjito menyebutkan, buku pertama berjudul Disiplin Positif dalam Kelas Inklusif Ramah Pembelajaran-Panduan bagi Pendidik berisi cara mendisiplinkan anak, mengatasi kekerasan fisik dan verbal, serta pendidikan karakter. Adapun buku kedua berjudul Saran Praktis Pembelajaran Kelas Besar -Panduan bagi Pendidik.Kemudian, buku ketiga berjudul Mengajar Anak-Anak dengan Disabilitas dalam Seting Inklusif.

"Buku ketiga ini merupakan elaborasi sesuai jenis kebutuhan pada anak, sehingga guru umum mendapatkan pengetahuan bagaimana memperlakukan keragaman individu anak," kata Mudjito.

JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) meluncurkan tiga tulkit pendidikan inklusif. Perangkat dalam bentuk buku ini digunakan sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News