Kadhafi Masih Punya Scud dan Senjata Kimia

35 Wartawan Tersandera, 8 Bulan Lagi Pemilu

Kadhafi Masih Punya Scud dan Senjata Kimia
Kadhafi Masih Punya Scud dan Senjata Kimia
TRIPOLI - Kurang dari 24 jam setelah Saif Al Islam muncul di Hotel Rixos, Tripoli, untuk memperlihatkan bahwa sang bapak, Muammar Kadhafi, masih berkuasa di Libya, pemberontak berhasil menduduki Bab Al Aziziya. Kompleks kediaman seluas enam kilometer persegi yang selama ini menjadi simbol kekuasaan sang kolonel itu direbut dalam pertempuran tak sampai dua jam.

Memang, lewat Al Orouba TV, kanal televisi milik pendukungnya yang berbasis di Syria, Kadhafi yang hingga kini persembuyiannya belum diketahui mengirimkan pesan audio yang menyatakan bahwa dirinya sengaja meninggalkan Bab Al Aziziya untuk kepentingan taktis. Tapi, bagaimanapun, lepasnya kompleks dengan rangkaian bungker di bawahnya itu jelas merupakan pukulan telak bagi rezim yang telah berkuasa selama 42 tahun tersebut.

Direbutnya Bab Al Aziziya juga mengakibatkan para loyalis Kadhafi kocar-kacir tersebar ke berbagai wilayah pinggiran Tripoli. Di sana mereka melakukan perlawanan-perlawanan sporadis yang tidak terlalu berarti.

Sebaliknya, kubu pemberontak kian percaya diri. Mustafa Abdel Jalil, ketua Dewan Transisi Nasional (NTC), organisasi yang memayungi pemberontak, pun dengan lantang kemarin menyatakan bahwa Libya bakal menghelat pemilu presiden dan legislatif delapan bulan mulai sekarang atau sekitar April tahun depan.

TRIPOLI - Kurang dari 24 jam setelah Saif Al Islam muncul di Hotel Rixos, Tripoli, untuk memperlihatkan bahwa sang bapak, Muammar Kadhafi, masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News