Telepon Nyambung, KBRI Tunisia Segera Evakuasi WNI di Libya

Telepon Nyambung, KBRI Tunisia Segera Evakuasi WNI di Libya
Telepon Nyambung, KBRI Tunisia Segera Evakuasi WNI di Libya
JAKARTA - Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tunisia lega setelah berhasil menghubungi sebagian WNI yang terjebak di Libya. KBRI yang dipimpin duta besar (Dubes) M. Ibnu Said ini memiliki peran penting dalam evakuasi WNI dari Libya. Proses evakuasi bakal dilakukan secepatnya.

Petugas KBRI Tunisia yang tergabung dalam tim evakuasi terus mencoba menghubungi 19 WNI yang terjebak di Libya. Akhirnya, kontak berhasil nyambung pada Rabu malam (24/8) waktu Tunisia atau Kamis dini hari waktu Indonesia. Memang tidak seluruh WNI yang terjebak berhasil dihubungi. Tapi, perkembangan ini menurut Said cukup penting dalam menjalankan skenario proses evakuasi.

Sebagai catatan, sambungan telepon di Libya mulai diputus sejak 16 Agustus hingga 22 Agustus. Sedangkan pada 23 Agustus sambungan telepon sudah dibuka tetapi masih labil. Sambungan telepon masuk ke Libya baru benar-benar terbuka Rabu malam.

Dari perbatasan Tunisia - Libya, tepatnya di kawasan Res Jedir dan Dehiba, tidak jauh dari Tripoli, tim evakuasi terus memantau perkembangan WNI yang terjebak di Libya. Para tim evakuasi tidak bisa masuk ke Libya karena militer Tunisia menutup titik-titik pintu masuk lintas negara. Penutupan pintu masuk dari Tunisia ke Libya ini dijelankan mulai Senin 22 Agustus lalu hingga jangka waktu yang ditentukan kemudian. "Pemerintah Tunisia tidak ingin konflik merembet masuk," tutur Said.

 

JAKARTA - Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tunisia lega setelah berhasil menghubungi sebagian WNI yang terjebak di Libya. KBRI yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News