Selasa, 22 Juli 2014 | 14:21:58
Home / Nasional / Sosial / Indonesia Belum Punya Grand Design Kependudukan

Minggu, 11 September 2011 , 16:09:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Pusat, Sugiri Syarief menegaskan, bahwa Indonesia selama ini belum memiliki Grand Design kependudukan.Namun, menurut dia, saat ini pemerintah tengah berupaya untuk membangun Grand Design tersebut dari berbagai aspek.

"Memang selama ini belum ada Grand Design kependudukan di Indonesia," kata Sugiri di Jakarta Pusat, Sabtu (10/9).

Sugiri mengatakan, ada empat aspek Grand Design yang akan dibangun. Yakni Grand Design yang mencakup kuantitas penduduk.  "Ini menjadi tanggungawab BKKBN untuk menyelesaikannya, tentunya  berkoordinasi dengan beberapa instansi," katanya.

Lanjut Sugiri, Grand Design kualitas kependudukan menjadi tanggungjawab Kementerian Pendidikan Nasional untuk menyelesaikannya dengan berkoordinasi beberapa instansi terkait. "Karena masalah pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab Kemendiknas, tapi ada instansi dan lembaga terkait lain," katanya.

Untuk Grand Design mobilitas penduduk menjadi tanggungjawab Kementerian Transmigrasi. Dan Grand Design menjadi tanggungjawab Kementerian Dalam Negeri menyelesaikannya.

Dikatakan pula Sugiri, keempat Grand Design itu, diharapkan bisa selesai pada 2011 ini. Sehinggga akan jelas, langkahg-langkah yang akan menuju upaya penataan kependudukan kita menjadi lebih baik dan bagus. "Empat Grand Design ini dikoordinasikan oleh Menkokesra (Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat)," kata Sugiri. Menurutnya, kalau Grand Design ini jadi, maka Kota Terpadu Mandiri akan bisa masuk ke Grand Design tersebut. (boy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar