Fadel Muhammad Minta Impor Garam Dihentikan

Optimistis 2013 Indonesia Swasembada Garam

Fadel Muhammad Minta Impor Garam Dihentikan
Fadel Muhammad Minta Impor Garam Dihentikan
JAKARTA — Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad optimis produksi garam dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan garam di Indonesia. Bila ada keberanian dari semua pihak untuk menghentikan impor garam, maka tahun 2013 mendatang diyakini Indonesia mampu swasembada garam untuk kebutuhan rumah tangga.

Fadel mengungkapkan kebutuhan garam nasional berkisar 1,6 juta ton. Sementara produksi dalam negeri saat ini sudah mampu mencapai 1,4 juta ton. Kalaupun hanya mencapai 1,2 juta ton, maka jumlah kebutuhan garam impor tidak sebesar yang diduga selama ini.

‘’Yang dikeluhkan oleh petani-petani garam adalah mengapa pemerintah sudah mengimpor sekian ratus ribu ton, padahal kebutuhan hanya sekian saja. Sama saja artinya menyuruh tutup saja (usaha garam nelayan lokal) itu,’’ kata Fadel di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/9).

Atas dasar itu pula kata Fadel, Kementrian Perikanan dan Kelautan mendesak pemerintah untuk menghentikan impor garam. Meskipun sempat mendapat ‘perlawanan’ dari Menteri Perdagangan, namun Fadel menilai kebijakannya menyegel garam impor sudah benar.

JAKARTA — Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad optimis produksi garam dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan garam di Indonesia. Bila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News