Merokok Picu Sinusitis

Merokok Picu Sinusitis
Merokok Picu Sinusitis
TAHUKAH Anda bahwa selain penderita alergi, perokok paling rentan terkena sinusitis. Demikian disampaikan dokter Rumah Sakit Detasemen Kesehatan Tentara (RS DKT) Bandarlampung dr Virni Sagita.

Dipaparkan, saat merokok, hawa panas yang diisap dapat merangsang organ di sekitar hidung sehingga menimbulkan iritasi dan memperbesar kemungkinan timbulnya sinusitis. Sedangkan pada penderita alergi, perubahan temperatur dan kelembaban yang mencolok dapat mengakibatkan peradangan di dalam hidung yang mungkin merambat ke dalam sinus.

Virni melanjutkan, sinusitis sendiri merupakan peradangan pada rongga sinus paranasal sebagai akibat dari infeksi virus atau bakteri yang masuk melalui rongga hidung. Pada umunya ditandai dengan flu berkepanjangan, nyeri pada daerah wajah, sakit kepala, hidung tersumbat, dan ingus yang berbau. Tak hanya itu, gejala sinusitis lainnya adalah wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk.

Ditambahkan Virni, sinusitis juga terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi, dan bahan-bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus.

TAHUKAH Anda bahwa selain penderita alergi, perokok paling rentan terkena sinusitis. Demikian disampaikan dokter Rumah Sakit Detasemen Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News