Mahasiswa Asing Membeludak Belajar Kebudayaan Indonesia

Mahasiswa Asing Membeludak Belajar Kebudayaan Indonesia
Mahasiswa Asing Membeludak Belajar Kebudayaan Indonesia
JAKARTA – Jumlah mahasiswa asing yang belajar mengenai kebudayaan di Indonesia mengalami lonjakan tajam. Melalui program Darmasiswa, setidaknya 750 mahasiswa dari 73 negara menimba ilmu mengenai budaya, bahasa, dan kerajinan tangan di beberapa universitas. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 623 orang dari 65 negara.

Sekjen Kementerian Pendidikan Nasional Ainun Naim mengatakan, lamaran mahasiswa yang ingin kuliah di Indonesia mencapai 1.800 orang. Tapi hanya 750 yang lulus seleksi. Diharapkan 2012, ada 1.000 yang datang.

 

"Ini soft diplomacy untuk memperkenalkan Indonesia tentang kehidupan demokrasi, multicultural, juga merespon pemahaman yang bisa salah mengenai Indonesia," ujar Ainun di Jakarta.

Menurut Ainun, mahasiswa asing tersebut akan kuliah di Indonesia 6 bulan sampai 1 tahun. Setiap bulannya mereka mendapatkan biaya hidup Rp 2,5 juta per bulan. "Tahun depan kita inginkan ada transfer kredit. Nantinya dalam sertifikat dicantumkan. Kredit itu bisa dipakai dan diakui di luar negeri bahwa mereka pernah belajar di sini," terangnya.

JAKARTA – Jumlah mahasiswa asing yang belajar mengenai kebudayaan di Indonesia mengalami lonjakan tajam. Melalui program Darmasiswa, setidaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News