Ibas Bakal Jadi Tameng Amankan Posisi Anas

Ibas Bakal Jadi Tameng Amankan Posisi Anas
Ibas Bakal Jadi Tameng Amankan Posisi Anas
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Arbi Sanit menilai wacana agar Ibas jadi Ketua Fraksi Demokrat di DPR menggantikan Jafar Hafsah yang digadang-gadang bakal masuk kabinet oleh Ruhut Sitompul sarat dengan permainan para elit Partai Demokrat (PD). Terutama, kata Arbi oleh jajaran kepengurusan DPP yang kini dipimpin oleh Anas Urbaningrum sebagai upaya mendekatkan diri ke SBY di tengah kondisi mantan Ketua Umum HMI itu diduga terkait kasus korupsi.

“Kan ada dua kekuatan dalam Demokrat yaitu orang sekitar SBY langsung dan kekuatan alternatif. Kekuatan alternatif ini berupaya untuk bisa masuk lebih dalam lagi ke lingkaran SBY dengan cara mengusung Ibas jadi ketua fraksi," kata Arbi Sanit, di Jakarta, Jumat (30/9).

Menurut Arbi, manuver politik tersebut sesungguhnya tidak ada kaitannya dengan strategi membenahi partai mengingat kemampuan Ibas untuk mengelola partai dan fraksi belum teruji. "Sebagai inisiator, Ruhut hanya berupaya mengamankan posisi Anas sebagai ketua umum yang saat ini kedodoran," tegas Arbi.

Lebih lanjut, Arbi mengingatkan Jafar Hafsah jangan terlalu berbesar hati dengan usulan tersebut mengingat kapasitas dan kapabilitas Jafar Hafsah dalam mengelola fraksi yang terbilang gagal hingga Muhammad Nazaruddin kabur ke luar negeri.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Arbi Sanit menilai wacana agar Ibas jadi Ketua Fraksi Demokrat di DPR menggantikan Jafar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News