Reshuffle Kabinet Tak Pengaruhi Ekonomi

Pasar Tenang, Cabut Status Waspada

Reshuffle Kabinet Tak Pengaruhi Ekonomi
Reshuffle Kabinet Tak Pengaruhi Ekonomi
JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai gejolak pasar keuangan domestik sudah mulai mereda. Ia mengatakan, status waspada yang diaktifkan sejak 14 September kini telah dicabut.

"Kita juga melihat kerjasama yang baik antar Bank Indonesia (BI) dengan pemerintah membuat kita semakin lebih meyakini bahwa kita hanya perlu waspada. Bahkan, posisi yang sejak tangal 14 September kita canangkan sebagai waspada, mungkin hari ini sudah bisa kita lepas status waspadanya," kata Agus di kantornya, Jumat (30/9).

Menkeu mengatakan, dibandingkan dengan negara-negara lain, pasar keuangan Indonesia lebih terkendali. Nilai tukar rupiah sudah mulai stabil. Imbal hasil obligasi juga sudah mulai pulih. "Jadi secara umum tidak ada yang perlu kita terlalu khawatirkan," ujarnya.

Meski demikian, untuk pembahasan RAPBN 2012, pemerintah akan mempertimbangkan gejolak di pasar keuangan untuk membahas asumsi makro. "Itu yang perlu kita perhatikan. Karena pada saat sekarang perkembangan di September ini kan kondisi ekonomi dunia forecast-nya juga sudah mulai berubah," kata Agus.

JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai gejolak pasar keuangan domestik sudah mulai mereda. Ia mengatakan, status waspada yang diaktifkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News