Lumrah, Pendidikan Gratis Hingga SMA

Lumrah, Pendidikan Gratis Hingga SMA
Lumrah, Pendidikan Gratis Hingga SMA
JAKARTA -- Kebijakan pemerintah yang akan menggratiskan biaya pendidikan hingga tingkat SMA/SMK, dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Alasannya, alokasi 20 persen APBN untuk sektor pendidikan, cukup untuk program pendidikan gratis 12 tahun, yang dimulai 2012 mendatang.

“Dengan sinergi anggaran pendidikan 20 persen dari APBN untuk tahun 2012 yang mencapai Rp 286,5 triliun maupun APBD, maka wajib belajar (wajar) 12 tahun yang bermutu harus mampu terealisasi,” terang anggota Komisi X DPR RI, Hetifa Sjaifudian kepada JPNN di Jakarta, Kamis (6/10).

Menurutnya, wacana ini sesungguhnya sudah digemakan oleh pemerintah melalui Kemdiknas. Mendiknas M Nuh, lanjut Hetifah, sudah mengungkapkan bahwa pemerintah sudah bertekad untuk meweujudkan wajar 12 tahun dan mulai mengalokasikan Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) atau yang juga disebut sebagai Rintisan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 12 tahun.

Disebutkan, dalam APBN 2012 satuan biaya Rintisan BOS tersebut direncanakan akan naik secara bertahap dari Rp 125 ribu per siswa per tahun menjadi Rp 200 ribu per siswa per tahun.

JAKARTA -- Kebijakan pemerintah yang akan menggratiskan biaya pendidikan hingga tingkat SMA/SMK, dianggap sebagai sesuatu yang wajar. Alasannya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News