Hasil Kuliah di Harvard Harus Diterapkan

Hasil Kuliah di Harvard Harus Diterapkan
Hasil Kuliah di Harvard Harus Diterapkan
JAKARTA -- Sebanyak 19 bupati/walikota yang mengikuti kuliah singkat di Harvard University akan mengakhiri perkualiahannya pada 12 Oktober mendatang. Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (kaban Diklat) Kemendagri, Tarmizi A Karim mengatakan, begitu para kepala daerah pulang, maka mereka harus menularkan ilmunya kepada para anak buahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dari 19 kabupaten/kota yang ikut ke Harvard, kata Tarmizi, juga harus menerapkan materi-materi kuliah itu begitu sampai ke daerah masing-masing.

"Kepala Bappeda misalnya, dia harus mentransfer pemahaman materi-materi yang sudah didapat kepada para SKPD-SKPD. Materi kuliah tentang transparansi misalnya, sejauh mana nanti terakomodir mulai dari perencanaan hingga proses pembangunan di daerah," ujar Tarmizi kepada wartawan di Kemendagri, Jumat (7/10).

Tarmizi sendiri sempat empat hari melihat langsung proses perkuliahan di universitas terkemuka itu. "Sangat bagus. Saat saya ke sana, subyek kuliahnya antara lain tentang demokrasi, transparansi," ujarnya.

JAKARTA -- Sebanyak 19 bupati/walikota yang mengikuti kuliah singkat di Harvard University akan mengakhiri perkualiahannya pada 12 Oktober mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News