Patok Negara Diduga Hilang, Kasad Bilang Aman

Patok Negara Diduga Hilang, Kasad Bilang Aman
Patok Negara Diduga Hilang, Kasad Bilang Aman
TANJUNG REDEB- Abrasi yang semakin parah di Pulau Sambit tidak hanya sekadar informasi. Anggota DPRD Kaltim yang berkunjung ke pulau terluar Indonesia itu pekan kemarin, melihat kondisi sebenarnya. “Memang parah. Patok negara yang pernah ada di pulau itu sekarang sudah tidak ada lagi,” kata Gamalis, anggota Komisi III DPRD Kaltim Senin malam (10/10).

Tidak hanya patok negara, akibat abrasi di pulau yang mempunyai luas daratan sekitar 0,18 kilometer persegi (sumber: Wikipedia) itu, juga mengancam mercusuar yang ada di sana. Saat ini, kata Gamalis, pondasi mercusuar sudah terkikis. Bahkan tempat genset yang dibangun di Pulau Sambit telah hilang lantaran abrasi parah. Penjaga mercusuar di pulau yang berbatasan dengan Malaysia itu terpaksa harus membangun ulang dengan bangunan apa adanya.

Kondisi itu, lanjut Gamalis, harus menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Apalagi saat ini pulau yang terletak di Laut Sulawesi itu semakin bergerak ke dalam. Sehingga memungkinkan terjadi pergeseran batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) jika diukur dari garis pantai terluar saat ini.

Lantas apa yang dilakukan dewan provinsi menyikapi abrasi yang terjadi di Pulau Sambit? Menurut Gamalis, hasil kunjungannya ke Pulau Sambit akan disampaikan kepada ketua DPRD Kaltim. “Kami akan meminta soal abrasi itu disampaikan ke pusat,” ujarnya.

TANJUNG REDEB- Abrasi yang semakin parah di Pulau Sambit tidak hanya sekadar informasi. Anggota DPRD Kaltim yang berkunjung ke pulau terluar Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News