Pascagempa, Waspadai Pipa Gas Bocor

Pascagempa, Waspadai Pipa Gas Bocor
Pascagempa, Waspadai Pipa Gas Bocor
JAKARTA—Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau kepada seluruh warga di Bali untuk tetap waspada pascagempa bumi yang terjadi di 143 km Barat Daya Nusa Dua, Bali. “Kami meminta kepada seluruh masyarakat khususnya di pulau Bali untuk tetap waspada,” ujar Sutopo di dalam pesan singkatnnya, Kamis (13/10).

Menurutnya, alangkah baiknya masyarakat juga turut memeriksa kemungkinan bangunan retak atau roboh, periksa atap/genteng yang dapat membahayakan, dan juga memeriksan pipa gas, sambungan dan pipa air yang bocor.

“Bagi masyarakat yang tinggal di perbukitan atau lereng periksa adanya rekahan-rekahan pada lereng perbukitan yang dapat menyebabkan longsor.  Jangan panik dan waspada isu menyesatkan,” imbuhnya.

Ia juga menyarankan kepada masyarakat agar terus memantau informasi yang disampaikan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), BNPB, dan pemerintah daerah. Pasalnya, berdasarkan data yang dimiliki BNPB, masih ada  ancaman gempa bumi wilayah Bali, NTB, NTT, berasal dari selatan dan utara. Disebutkan, di bagian selatan, pusat gempa berasal dari pertemuan lempeng tektonik aktif Indo Australia dan Eurasia.

JAKARTA—Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau kepada seluruh warga di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News