Diduga Korupsi, Pegawai KPK Diancam 15 Tahun

Gelapkan Anggaran Pencegahan Rp 388 Juta

Diduga Korupsi, Pegawai KPK Diancam 15 Tahun
Diduga Korupsi, Pegawai KPK Diancam 15 Tahun
JAKARTA - Ulah Endro Laksono memberi bukti tidak semua pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berintegritas tinggi. Mantan staf pada Deputi Pencegahan itu dituduh menilap anggaran pencegahan senilai Rp 388 juta. Setelah perkaranya ditangani Dir Tipikor Bareskrim Mabes Polri, kemarin berkas Endro dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

   

"Kita menerima berkas tahap dua dari penyidik Dir Tipikor Bareskrim. Sekarang lagi proses. Masih diteliti dan diperiksa," Kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan Masyhudi di kantornya kemarin. Dengan pelimpahan ini, maka tak lama lagi Endro menjalani persidangan.

   

Masyudi memastikan bahwa Endro dijerat dengan UU No 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Tepatnya pasal 8. Di mana pasal tersebut mengatur bahwa pegawai negeri atau orang selain pegawai negeri yang ditugaskan menjalankan suatu jabatan umum secara terus-menerus atau untuk sementara waktu, dengan sengaja menggelapkan uang atau surat berharga yang disimpan karena jabatannya, atau membiarkan uang atau surat berharga tersebut diambil atau digelapkan oleh orang lain, atau membantu dalam melakukan perbuatan tersebut.

   

Karena ulahnya itu, Endro diancam dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara. Endro melakukan penggelapan itu mulai dari Januari hingga Desember 2009. Saat itu, Endro masih bertugas sebagai staf pada Deputi Pencegahan serta merangkap sebagai bendahara pembantu Deputi Pencegahan KPK pada tahun anggaran 2009.

JAKARTA - Ulah Endro Laksono memberi bukti tidak semua pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berintegritas tinggi. Mantan staf pada Deputi Pencegahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News