Boeing Mendarat Selamat tanpa Roda

Boeing Mendarat Selamat tanpa Roda
Boeing Mendarat Selamat tanpa Roda
WARSAWA - Kenangan buruk dunia penerbangan Polandia lebih dari setahun silam nyaris terulang di Bandara Warsawa, Polandia, kemarin dini hari WIB (2/11). Satu unit Boeing 767-300 milik maskapai LOT, Polandia, terpaksa melakukan belly landing alias pendaratan darurat dengan menggunakan bodi pesawat menyusul tak berfungsinya roda pesawat berpenumpang 230 orang plus 11 kru itu karena gangguan pada sistem hidrolis.

Untung, berkat koordinasi yang rapi dan kecakapan petugas di bandara serta pilot Tadeusz Wrona, kecelakaan maut bisa dihindarkan. Walhasil, keseluruhan orang di pesawat yang terbang dari Bandara Newark, New Jersey, dengan tujuan Warsawa itu pun bisa dievakuasi dengan selamat.

"Pesawat bisa mendarat selamat dengan menggunakan bodi sebagai alat pendaratan setelah jalur pendaratan disemprot bahan khusus anti kebakaran. Seluruh penumpang bisa dievakuasi, tak seorang pun terluka,? kata Juru Bicara LOT Leszek Chorzewski kepada AFP.  

Pada April 2010, mendung pekat menyelimuti dunia penerbangan negeri tuan rumah Euro 2012 bersama Ukraina tersebut. Itu terjadi setelah pesawat kepresidenan yang membawa Presiden Lech Kaczynski jatuh di Rusia. Semua yang berada di pesawat nahas tersebut tewas, termasuk sang presiden.

WARSAWA - Kenangan buruk dunia penerbangan Polandia lebih dari setahun silam nyaris terulang di Bandara Warsawa, Polandia, kemarin dini hari WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News