Sopir Bus Antarnegara Resah

Trayek Angkutan Transkalimantan Belum Ada

Sopir Bus Antarnegara Resah
Sopir Bus Antarnegara Resah
PONTIANAK - Sopir bus antarnegara trayek Pontianak - Kuching - Brunei resah. Belum lama ini, mereka menjadi korban penertiban pihak berwenang karena dinilai melanggar aturan berlalu lintas. Supir ditilang kepolisian karena melewati Jalan Transkalimantan yang bukan jalur trayeknya.

 

Menurut Sopir Bintang Jaya Ekspress Phendi Hartadi, tidak ada surat pemberitahuan secara tertulis kepada sopir maupun perusahaan tempat sopir bekerja terkait penerapan aturan itu. "Kami kecewa karena petugas main tilang saja. Tidak ada peringatan atau pemberitahuan sebelumnya bahwa kami tidak boleh lewat jalur transkalimantan itu," kata Phendi, kemarin.

 

Ia menambahkan, banyak alasan mengapa bus antarnegara, juga bus antarkota dalam provinsi memilih Jalan Transkalimantan. Di antaranya, kata Phendi, perbaikan lima jembatan di wilayah Kabupaten Pontianak yang belum selesai. Jembatan darurat yang dibangun kurang aman untuk dilewati bus antarnegara. "Harusnya ini menjadi perhatian pihak-pihak berwajib," katanya.

Bukan itu saja, sopir beralasan kesulitan mencari bahan bakar minyak saat melewati jalur yang sesuai trayek juga jadi pertimbangan. Belum lagi, tambah Phendi, keamanan bus antarnegara belum sepenuhnya terjamin. Sebab pada titik tertentu masih ada tindakan-tindakan tak terpuji dari warga jika bus antarnegara melintas.

 

PONTIANAK - Sopir bus antarnegara trayek Pontianak - Kuching - Brunei resah. Belum lama ini, mereka menjadi korban penertiban pihak berwenang karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News