Keajaiban Dunia

Keajaiban Dunia
Keajaiban Dunia
BANGSA Indonesia dalam satu dasa warsa terakhir ini berjalan tanpa kepemimpinan. Kita hanya memiliki sekelompok elite penguasa yang mengontrol sejumlah lembaga (penyelenggara) negara dengan semangat “aji mumpung”. Tanpa cita-cita, tanpa visi, kecuali keinginan untuk menjadi pencuri.

Mayoritas elite penguasa, mulai dari pusat hingga ke pelosok daerah, sibuk melakukan korupsi dan mengatur strategi bagaimana lolos dari jerat hukum. Kalau perlu, melakukan kebohongan terbuka dengan meneriakan kata-kata yang sama dengan yang diteriakan rakyat semesta: “Uang negara dirampok…!”

Ada juga seorang wakil presiden, yang tak perlu disebut namanya, dalam sebuah forum pertemuan di kantornya menjelaskan kriteria pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik itu pemimpin yang amanah, yang jujur. “Satu kata dengan perbuatan,” katanya.

Padahal kita semua tahu, elite penguasa di negeri ini, tentu saja termasuk dua tokoh yang kata-katanya saya kutip (di atas), menurut Buya Syafi”I Ma”arif, termasuk golongan orang-orang yang sudah mengalami “pecah kongsi antara omongan dan perbuatannya” alias pendusta!

BANGSA Indonesia dalam satu dasa warsa terakhir ini berjalan tanpa kepemimpinan. Kita hanya memiliki sekelompok elite penguasa yang mengontrol sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News