Anggaran Tinggi, Kinerja Kemendikbud Dinilai Belum Setara

Anggaran Tinggi, Kinerja Kemendikbud Dinilai Belum Setara
Anggaran Tinggi, Kinerja Kemendikbud Dinilai Belum Setara
JAKARTA - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR, M Taslim mengingatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyikapi secara cerdas rilis resmi United Nation Development Program (UNDP) terkait peringkat indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia.

“Salah satu substansi dari rilis resmi UNDP itu menyebut IPM Indonesia pada tahun 2010 berada pada peringkat 108 dari 169 negara. Artinya hanya naik 3 peringkat dari tahun 2009 yang bertengger pada posisi 111. Kenaikan tersebut tidak sebanding dengan keberpihakan APBN sebesar 20 persen untuk sektor pendidikan," kata Taslim, di Jakarta, Selasa (8/11).

Menurut anggota Komisi III DPR itu, kondisi tersebut sesungguhnya menjadi peringatan bagi pemerintah untuk memperbaiki kinerjanya di sektor pendidikan yang hingga kini masih menjadi titik terlemah pembangunan manusia Indonesia.

Ditegaskan, rata-rata lama bersekolah orang Indonesia di tahun 2010 hanya sekitar 5,7 tahun dan tahun 2011 hanya 5,8 tahun. "Ini artinya, rata-rata pendidikan resmi orang Indonesia baru akan lulus sekolah dasar (SD), sementara anggaran pendidikan sudah mencapai 20 persen setara dengan Rp246 triliun di APBN 2011 ini," kata politisi PAN itu.

JAKARTA - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR, M Taslim mengingatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyikapi secara cerdas rilis resmi United

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News