Dukungan Parlemen Anjlok, Berlusconi Mundur

Italia Terancam Bangkrut

Dukungan Parlemen Anjlok, Berlusconi Mundur
Dukungan Parlemen Anjlok, Berlusconi Mundur
ROMA - Ini merupakan babak terakhir sepak terjang Silvio Berlusconi sebagai penguasa Italia. Setelah lolos dari berbagai kontroversi, termasuk skandal seks dan korupsi, kemarin perdana menteri Negeri Pisa itu mengumumkan pengunduran dirinya. Keputusan tersebut diambil karena dukungan terhadap dirinya di parlemen anjlok.

Konglomerat berusia 75 tahun itu siap menanggalkan kursinya setelah reformasi anggaran disahkan parlemen pada pertengahan bulan ini. Reuters melansir, reformasi tersebut merupakan desakan negara-negara Eropa agar Italia bisa mengatasi krisis utang yang mengancam zona euro.

Para pemimpin oposisi diperkirakan akan mengawal reformasi anggaran itu untuk memastikan berakhirnya 17 tahun kekuasaan Berlusconi atau pemimpin Italia yang paling lama berkuasa setelah diktator fasis Benito Mussolini tersebut.

"Setelah penerapan undang-undang stabilitas yang akan berisi semua tuntutan yang diminta zona euro, saya akan mundur," kata Berlusconi kepada jaringan televisi miliknya, Canale 5, Selasa malam waktu setempat.

ROMA - Ini merupakan babak terakhir sepak terjang Silvio Berlusconi sebagai penguasa Italia. Setelah lolos dari berbagai kontroversi, termasuk skandal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News