Dibongkar, Calo CPNS Libatkan Pegawai BKN

Dibongkar, Calo CPNS Libatkan Pegawai BKN
Dibongkar, Calo CPNS Libatkan Pegawai BKN
MEDAN- Dua lagi komplotan sindikat calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) se-Indonesia, ditangkap Polda Jatim. Keduanya yakni Aminuddin dan Selamet Riyadi, pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN). Korban keseluruhan mencapai 241 orang dari berbagi provinsi.

"Aminuddin dan Selamat Riyadi sudah lebih dulu ditangkap, mereka sekarang di Polda Jatim," ujar Kasubdit III, Dit Reskrimum, Polda Sumut, Kompol Andry Setiawan, Jumat (11/11) di Mapoldasu.

Andry menjelaskan, modus Suroso dan Marisi untuk meyakinkan korbannya adalah membawa berkas SK palsu dan dan berkas Nomor Induk Pegawai (NIP) palsu. Keduanya mengaku sudah dapat meloloskan calon pegawai dan saat ini sudah dapat bekerja di beberapa pemerintahan daerah.

"Mereka membawa SK dan NIP palsu kepada korbannya, seolah-olah mereka ini sudah dapat meluluskan orang untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tapi sebenarnya tidak," tegas Andry. Dari hasil pemeriksaan, terciptalah sebuah skema. Skema itu menyebutkan Delisa pernah menyetor kepada Marisi senilai Rp8,6 miliar. Uang itu berasal dari Halomoan dan korban lain yang berasal dari Sumatera Utara.

MEDAN- Dua lagi komplotan sindikat calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) se-Indonesia, ditangkap Polda Jatim. Keduanya yakni Aminuddin dan Selamet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News