Indonesia Ingatkan Saudi

Indonesia Ingatkan Saudi
Indonesia Ingatkan Saudi
JAKARTA - Pelaksanaan haji 2011 sudah hampir selesai. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag), saat ini tinggal menyelesaikan proses pemulangan jamaah haji kembali ke tanah air. Sebelum benar-benar rampung, pemerintah mengirim surat tuntutan perbaikan layanan haji ke kerajaan Arab Saudi.

Surat ini sendiri, dibuat langsung oleh Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali. Dalam surat ini, SDA menerangkan beberapa usulan perbaikan layanan haji yang harus dilakukan oleh kerajaan Saudi. "Beberapa usulan ini demi penyelenggaraan haji yang lebih baik," tutur Direktur Jendral (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Slamet Riyanto kepada tim Media Center Haji (MCH) Humas Kemenag di Mekkah.

Slamet menuturkan, secara keseluruhan penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Meskipun begitu, dia mengakui masih ada saja sejumlah persoalan yang mengganjal. Seperti pada pos pemondokan, transportasi, hingga konsumsi yang disuguhkan dengan model prasmanan.

Fokus perhatian pemerintah Indonesia dalam surat tadi adalah, kerajaan Saudi diharapkan mampu memperbaiki sarana transportasi. Terutama yang digunakan jamaah setelah mengikuti proses wukuf di Padang Arafah. Seperti ramai diperbincangkan, pergerakan jamaah haji dari Arafah menuju Mudzalifah sering terganggu jalan yang macet.

JAKARTA - Pelaksanaan haji 2011 sudah hampir selesai. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag), saat ini tinggal menyelesaikan proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News