Pahami Cacat Mata sebelum Operasi

Pahami Cacat Mata sebelum Operasi
Pahami Cacat Mata sebelum Operasi
SEJUMLAH orang mengalami cacat atau kelainan pada mata. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau akibat kecelakaan. Nah, salah satu kondisi itu adalah mata juling atau strabismus.

Mata juling ini merupakan kondisi ketika cahaya yang disinarkan ke mata tidak jatuh di tengah kornea. Tetapi meleset tergantung dari derajat strabismus, karena gangguan dari otot-otot yang mempersyarafi pergerakan dari bola mata.

Menurut dr. Aryanti, Sp.M., strabismus dapat disebabkan ketidakseimbangan tarikan otot yang mengendalikan pergerakan mata, kelumpuhan otot, gangguan persyarafan, atau kelainan refraksi yang tidak dikoreksi. Anak-anak yang dilahirkan dari keluarga yang mempunyai riwayat strabismus dalam keluarganya berisiko tinggi menderita strabismus juga.

Gangguan otot-otot dari bola mata atau penyebab mata juling, pertama, gangguan bawaan (keturunan) karena otot-ototnya tidak berfungsi sehingga pergerakannya fokus ke satu arah.

SEJUMLAH orang mengalami cacat atau kelainan pada mata. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau akibat kecelakaan. Nah, salah satu kondisi itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News