Nuh: Anak Indonesia Bisa Kuliah Hingga Semester II

Nuh: Anak Indonesia Bisa Kuliah Hingga Semester II
Nuh: Anak Indonesia Bisa Kuliah Hingga Semester II
JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan rasa bangganya terhadap data UNDP terkait indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia yang menunjukkan angka 13,2 tahun. Menurut Nuh, dengan IPM itu artinya rata-rata harapan sekolah anak-anak Indonesia bisa selama 13,2 tahun.

“Dari data UNDP tersebut menunjukkan bahwa artinya anak-anak sekarang itu bisa menyelesaikan sekolah sampai pendidikan tinggi semester kedua terhitung sejak masuk SD. Berarti ini sudah benar, tahun sebelumnya, rata-rata harapan sekolah Indonesia hanya mencapai  12 tahun saja,” ungkap Nuh ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (15/11).

Nuh menjelaskan, dalam proses penghitungan IPM tersebut UNDP menggunakan dua ukuran. Pertama, ukuran yang sifatnyta backward atau sebelumnya. Kedua, ukuran yang sifatnya  forward atau selanjutnya. “Inilah yang akan masuk di dalam indek edukasi. Jadi UNDP melihat apa saja  yang telah dilakukan  oleh Indonesia dan  apa harapan serta  optimisme Indonesia ke depannya,” jelasnya.

Mantan Rektor ITS ini menerangkan, ukuran yang digunakan UNDP di sisi backward menggunakan ukuran usia 25 tahun ke atas dan ketemu angka indeks 5,8 tahun. Sedangkan, di sisi forwardnya, lanjut Nuh, yaitu yang terkait dengan usia sekolah itu angkanya 13,2 tahun.  

JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan rasa bangganya terhadap data UNDP terkait indeks pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News