Pelajaran Semakin Dekat

Pelajaran Semakin Dekat
Pelajaran Semakin Dekat
PERILAKU masyarakat di dunia berkembang terus berubah. Makin dinamis dan realistis. Budaya feodalistik yang mendewakan dan menghormati penguasa dan keturunannya secara berlebihan, mendapat koreksi total.

Kini menjadi hal biasa melihat penguasa yang dijatuhkan rakyatnya, baik lewat cara-cara demokrasi (pemilu) maupun demonstrasi, lalu diadili dan dihukum setimpal dengan kejahatan korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang dikakukan semasa berkuasa.

Kita tidak pernah membayangkan sebelumnya Saddam Hussein, penguasa Irak yang sangat dominan dan dipuja-puji rakyatnya, berakhir di tiang gantungan sebagai hukuman atas kejahatannya semasa berkuasa.

Baca Juga:
Nasib Muammar Khaddafi lebih tragis lagi. Pemimpin Libya yang sohor dan ditakuti Barat karena keberaniannya, digelandang rakyatnya di tengah jalan, lalu ditembak hingga mati dan jenasahnya digeletakkan begitu saja di ruang pendingin daging di sebuah supermarket. Padahal di sisi lain dia berhasil memakmurkan rakyatnya,

PERILAKU masyarakat di dunia berkembang terus berubah. Makin dinamis dan realistis. Budaya feodalistik yang mendewakan dan menghormati penguasa dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News