Ada 1,3 Juta Anak Indonesia Ber-IQ Super

Ada 1,3 Juta Anak Indonesia Ber-IQ Super
Ada 1,3 Juta Anak Indonesia Ber-IQ Super
JAKARTA - Indonesia tidak bisa dianggap remeh dalam urusan kecerdasan. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melansir ada sekitar 1,3 juta anak usia sekolah berpotensi cerdas istimewa dan berbakat istimewa (CI+BI). Di antara tandanya, IQ (Intelligence Quotient) mereka di atas 130.

 

Dalam paparannya di International Math and Science Camp 2011, Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Mudjito mengatakan dari jutaan potensi tadi baru sekitar 9.500 anak yang sudah mendapatkan layanan khusus. Di antaranya dalam bentuk kelas akselesari.

Misalnya, masa pendidikan SMP ditempuh dalam waktu dua tahun. Begitu juga jenjang pendidikan SMA yang juga ditempuh dalam kurun dua tahun saja.

 

Menurut Mudjito, anak-anak usia sekolah yang biasa disebut gifted-talented ini tidak boleh dibiarkan berlalu begitu saja. Sebab, mereka memiliki kecerdasan intelektual kategori very superior.

JAKARTA - Indonesia tidak bisa dianggap remeh dalam urusan kecerdasan. Sebab, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melansir ada sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News