700 Lebih Batas Wilayah Bermasalah

700 Lebih Batas Wilayah Bermasalah
700 Lebih Batas Wilayah Bermasalah
MANOKWARI-Penjabat (Pjt) Gubernur Papua Barat, Drs Tanribali Lamo,SH meminta kepada para bupati/wakikota untuk menyelesaikan batas wilayah masing-masing secara baik. Sebab,bila tidak diselesaikan secara baik, masalah tapal batas ini bisa menjadi potensi konflik. ‘’Ini juga menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat,’’ ujarnya.

Tanribali Lamo yang juga menjadi Dirjen Kebangpol dan Linmas Kemendagri ini mengatakan,di Indonesia ada sekitar 700-an sengketa tapal batas antara provinsi atau kabupaten/kota. Mendagri pun telah memerintahkan Dirjen Pemerintahan Umum untuk menyikapi permasalahan tapal batas antar provinsi,kabupaten/kota ini.

Di Provinsi Papua Barat,masalah tapal batas yang cukup menghangat adalah antara Kabupaten Sorong dan Kota Sorong. Hingga,masalah ini dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu pula ada sejumlah kabupaten pemekaran baru. ‘’Biasanya sengketa batas wilayah terjadi pada daerah pemekaran,’’ tandasnya.

Menurut Pjt Gubernur,yang penting dalam penyelesaian tapal batas ini adalah adanya saling koordinasi antara pemerintah daerah yang bersengketa.Pemerintah daerah yang bersengketa dapat duduk bersama-sama.

MANOKWARI-Penjabat (Pjt) Gubernur Papua Barat, Drs Tanribali Lamo,SH meminta kepada para bupati/wakikota untuk menyelesaikan batas wilayah masing-masing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News