Laju Pertumbuhan Penduduk Kian Mengkhawatirkan

Laju Pertumbuhan Penduduk Kian Mengkhawatirkan
Laju Pertumbuhan Penduduk Kian Mengkhawatirkan
JAKARTA - Laju pertambahan penduduk di Indonesia sudah memasuki level yang harus diwaspadai. Bayangkan saja, dalam setahun, pertumbuhan penduduk Indonesia dari angka kelahiran saja mencapai 4,5 juta jiwa. Belum lagi pertambahan penduduk karena migrasi dari luar negeri.

"Pertumbuhan penduduk kita saat ini sudah menunjukkan angka yang parah sekaligus berbahaya. Jadi perlu langkah cepat dan tepat dalam penanganannya," ujar anggota Komisi IX DPR RI, Jamaluddin Jafar saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama  Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (28/11).

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Indonesia harus banyak belajar dari negara lain. Salah satunya Cina yang berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk dalam waktu yang relatif singkat.

"Setelah itu harus diikuti pula dengan aturan yang kuat berupa undang-undang tentang pembatasan jumlah anak. Saya pikir ini langkah yang bagus, meski di sisi lain ada yang menganggapnya sebagai pelanggaran HAM (Hak Azasi Manusia, red)" katanya.

JAKARTA - Laju pertambahan penduduk di Indonesia sudah memasuki level yang harus diwaspadai. Bayangkan saja, dalam setahun, pertumbuhan penduduk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News