2014, Revitalisasi 85 Museum Tuntas

2014, Revitalisasi 85 Museum Tuntas
2014, Revitalisasi 85 Museum Tuntas
JAKARTA - Pemerintah menargetkan revitalisasi 85 museum di seluruh Indonesia selesai pada 2014 mendatang. Jumlah seluruh museum yang masuk dalam program revitalisasi belum mencakup angka semua museum sebanyak 265 buah. Direktur Permuseuman Ditjen Sejarah dan Purbakala Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Intan Mardiana mengatakan, saat ini proses revitalisasi masih berjalan. "Revitalisasi sudah dan masih berjalan. Pelaksanaannya dilakukan secara bertahap," terang Intan.

Tahun lalu, sudah ada enam museum yang direvitalisasi. Keenam museum itu di antaranya di Jambi, Sumatera Utara, Balige, NTB, Kalimantan Barat, dan Surabaya. Semua museum yang masuk program revitalisasi saat ini berada di bawah pengelolaan pemerintah provinsi masing-masing daerah.

Pada tahun lalu, enam museum yang direvitalisasi mendapat anggaran masing-masing Rp 1,5 miliar. Khusus pada tahun ini, tiap museum mendapat tambahan anggaran hingga Rp 2,5 miliar. "Karena baru pertama, pada revitalisasi tahun lalu anggarannya masih kecil. Mulai tahun ini anggaran revitalisasi ditingkatkan," beber Intan.

Tahun ini, revitalisasi dilakukan dengan menarget 35 museum. "Secara bertahap kami akan merevitalisasi 85 museum hingga 2014 mendatang," terang Intan. Selain gedung, revitalisasi museum juga mencakup perbaikan tempat penyimpanan koleksi masing-masing museum. Penggunaan teknologi informasi untuk pengelolaan museum juga diterapkan menjadi bagian dari revitalisasi.

JAKARTA - Pemerintah menargetkan revitalisasi 85 museum di seluruh Indonesia selesai pada 2014 mendatang. Jumlah seluruh museum yang masuk dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News