Tanpa Bensin, Kemudi seperti Pesawat

Tanpa Bensin, Kemudi seperti Pesawat
Tanpa Bensin, Kemudi seperti Pesawat
HONDA adalah produsen mobil terdepan yang mengusung teknologi dengan sumber energi nonfosil. Jika produsen lain baru sampai pada tahap penggambungan sumber energi bensin dengan listrik, tenaga matahari, atau baterai portabel, Honda sudah meluncurkan produk yang sama sekali membuang BBM sebagai penggerak mesin-mesinnya.

Mobil yang kini menjadi favorit pasar Eropa itu adalah FCX Clarity. Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Creative Director Honda Motor Co Toshinobu Minami menjelaskan, Clarity merupakan mobil yang menggunakan mesin listrik dan hidogren terkompresi sehingga membawa energi dan hanya memencarkan uap air pada knalpotnya. "Efisiensi bahan bakarnya dua kali lebih irit daripada mobil bertenaga bensin," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut dia, FCX hanya tersedia dibeberapa negara yang memiliki infrastruktur untuk kendaraan bertenaga karbon. Misalnya, Amerika Serikat, setelah Jepang yang merupakan tempat mobil ini diproduksi.

Saat diberi kesempatan menjajal mobil tersebut di Sirkuit Montegi, Jepang, sangat terasa keandalan tarikan FCX Clarity di berbagai medan jalan. Mobil dapat berkelak-kelok dengan lincah pada formasi zig-zag. Namun, saat jalanan lurus, kecepatan hingga 150 km per jam bisa ditembus dalam tempo tak sampai 5 detik. Pengemudi juga semakin nyaman dengan tampilan ruang kemudi yang menyerupai kokpit pesawat. "Semua informasi kami siapkan buat pengemudi. Sebab, dalam asumsi kami, kecelakaan akan bisa ditekan jika pengemudi mendapat informasi yang lengkap saat mengemudi," ujarnya.

HONDA adalah produsen mobil terdepan yang mengusung teknologi dengan sumber energi nonfosil. Jika produsen lain baru sampai pada tahap penggambungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News