Penghijauan Melalui Sentuhan Perempuan

Kepedulian Tujuh Organisasi Kaum Hawa terhadap Lingkungan

Penghijauan Melalui Sentuhan Perempuan
Penghijauan Melalui Sentuhan Perempuan
KARAWANG – Alunan angklung para siswi SMP Negeri 1 Karawang menyapa kedatangan Ibu Negara, Ny Ani Bambang Yudhoyono dan Ny Herawati Boediono di Situ Cipule Desa Mulya Sari, Karawang kemarin (2/12). Kehadiran mereka seiring dengan acara puncak Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) 2011. Dua buah lagu, Neng Geulis dan Goyang Karawang disuguhkan sangat apik oleh kelompok angklung yang pernah menyabet Juara I Lomba Angklung Nasional ini.

Situ Cipule dipilih penyelenggaraan puncak GPTPP, karena pemandangannya yang indah. Dalam ajang SEA Games belum lama ini, situ milik Perum Jasa Tirta ini juga dipakai untuk lomba dayung. Angin semilir dari arah situ memang membuat betah berlama-lama menikmati suasana alam persawahan yang menghijau oleh tanaman padi. Tak ketinggalan juga enceng gondok.

Selain, Ny Ani Bambang Yudhoyono dan Ny Herawati Boediono, tampak pula Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Ketua GPTPP Erna Witoelar. Sekitar 1.000 undangan lebih memadati tenda yang berada persis di dekat situ. Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon dilakukan untuk mendukung Program Penanaman dan Pemeliharaan 1 Miliar Pohon Kementerian Kehutanan. Aksi yang tergabung dalam tujuh organisasi perempuan Indonesia, yaitu Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK, Bhayangkari, Dharma Pertiwi, dan Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB) telah dimulai sejak 2007 lalu.

Ny Ani Yudhoyono mengatakan, gerakan ini muncul sebagai respon terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim yang telah dirasakan masyarakat dunia saat ini. ”Ketujuh organisasi perempuan berkumpul dan sepakat membuat kegiatan nyata, yakni menyelamatkan lingkungan. Langkah hijau bukan hanya pohon, tapi juga pemeliharaan lingkungan,”  jelasnya.

KARAWANG – Alunan angklung para siswi SMP Negeri 1 Karawang menyapa kedatangan Ibu Negara, Ny Ani Bambang Yudhoyono dan Ny Herawati Boediono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News