Anggaran RSBI Dipangkas Separoh

Anggaran RSBI Dipangkas Separoh
Anggaran RSBI Dipangkas Separoh
JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memotong alokasi anggaran dana blockgrant untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) hingga 50 persen. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud, Chairil Anwar Notodiputro mengatakan, rencana ini akan dikuatkan dengan instrumen seleksi kelayakan RSBI yang sudah ada.

”Sudah disepakati, anggaran RSBI akan dikurangi 50 persen di tahun 2012. Hal ini dikarenakan penggunaan anggaran pendidikan di 2012 akan diprioritaskan untuk penuntasan renovasi ruang kelas yang rusak,” ungkap Chairil di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (6/12).

Selain penurunan alokasi dana blockgrant, Chairil juga menyampaikan, Balitbang tengah membuat instrumen untuk melakukan seleksi terhadap keberadaan 1.305 RSBI di Indonesia, dengan rincian 239 sekolah (SD), 356 (SMP), 359 (SMA), 351 (SMK).

Sebab berdasarkan hasil kajian dan evaluasi yang dilakukan Kemdikbud hingga saat ini, terungkap bahwa kerisauan masyarakat terhadap mahalnya biaya pendidikan di RSBI tidak semuanya benar. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah ketika sekolah memungut biaya tinggi namun tidak meningkatkan kualitas sekolahnya. "Sudah memungut biaya tinggi, tapi kualitas sekolah tetap jelek, tapi ada juga yang kualitasnya bagus," terangnya.

JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memotong alokasi anggaran dana blockgrant untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News