Tarakan Siap Akomodir Warga Pulau Bunyu

Tarakan Siap Akomodir Warga Pulau Bunyu
Tarakan Siap Akomodir Warga Pulau Bunyu
TARAKAN – Walikota Tarakan H Udin Hianggio mengatakan siap mengakomodir keinginan warga Pulau Bunyu (Kabupaten Bulungan) untuk berpindah menjadi warga Tarakan. Hanya saja, keinginan warga Pulau Bunyu pisah dengan Kabupaten Bulungan itu harus melalui mekanisme yang benar. 

Menurut H Udin Hianggio, keinginan warga Pulau Bunyu sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah pusat. Pada prinsipnya kata dia, untuk kepentingan nasional, apapun kebijakan pusat, pemerintah kota Tarakan akan selalu terbuka menerimanya. Termasuk jika diberikan tanggungjawab mengakomodir hasrat warga kecamatan Bunyu yang ingin bergabung dengan Tarakan.

“Sejatinya kita siap saja (menerima Bunyu), demi kepentingan nasional. Jika memang itu yang diputuskan,” kata Udin diplomatis, ketika ditemui usai menyampaikan Nota Keuangan R-APBD 2012 di gedung DPRD Tarakan di Jalan Jenderal Sudirman, kemarin. Diterangkannya, persoalannya saat ini, pemerintah pusat sedang memberlakukan masa moratorium pemekaran daerah, termasuk sedang mengevaluasi daerah-daerah pemekaran. Hal ini diperkirakan mengganggu realisasi tujuan warga Bunyu. “Namun begitu, sekali lagi, semua keputusan ini diserahkan lagi kepada pemerintah pusat demi kepentingan nasional,” imbuhnya.

Selain itu, pemerintah kota Tarakan juga berupaya menghindari pandangan bahwa keinginan masyarakat Bunyu ini didasarkan atas tawaran Tarakan. “Kita tidak mau juga dianggap seolah-olah kita yang mau menarik Bunyu, itu tidak ada. Selain itu pemerintah kota juga tidak bisa proaktif. Yang pasti kita menunggu kebijakan provinsi dan pusat, agar tidak ada gesekan antar daerah bertetangga ini,” harapnya.

 

TARAKAN – Walikota Tarakan H Udin Hianggio mengatakan siap mengakomodir keinginan warga Pulau Bunyu (Kabupaten Bulungan) untuk berpindah menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News