Cina Padang, Berbahasa Minang Logat Mandarin

Cina Padang, Berbahasa Minang Logat Mandarin
Cina Padang, Berbahasa Minang Logat Mandarin
DEPOK - Eratnya hubungan antara etnis Minangkabau dengan "Cina Padang" sebagai kekuatan ekonomi dan sosial yang dominan di Kota Padang, mengakibatkan kebijakan represif Orde Baru yang terjadi di seluruh kota di Indonesia tidak begitu dirasakan oleh etnis Cina di Kota Padang.

Hal tersebut dikatakan oleh Erniwati saat sidang terbuka disertasinya berjudul "Cina Padang Dalam Dinamika Masyarakat Minangkabau: Dari Revolusi Sampai Reformasi" di gedung IV Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Indonesia (UI), di Depok, Rabu (7/12).

Minimnya kebijakan represif Orde Baru yang dirasakan oleh Cina Padang, menurut mahasiswa S3 di Program Studi Sejarah UI itu, lebih disebabkan peran Himpunan Tjinta Teman (HTT) berdiri 1861 dan Himpunan Bersatu Teguh (HBT) berdiri 1871 sebagai simbol kekuatan etnis Cina di Kota Padang bisa menampilkan diri sebagai simbol keutuhan budaya etnis Cina Padang yang sekaligus menjadi simbol pencitraan asimilasi budaya etnis Cina dan etnis Minangkabau, serta budaya tradisional Cina.

"Secara mikro kedua perkumpulan ini menjadi simbol kerjasama harmonis di tingkat lokal, sementara secara makro etnis Cina dan etnis Minangkabau bisa berdampingan dalam kehidupan sosial ekonomi," ujar dosen Program Pasca Sarja Universitas Negeri Padang (UNP) itu.

DEPOK - Eratnya hubungan antara etnis Minangkabau dengan "Cina Padang" sebagai kekuatan ekonomi dan sosial yang dominan di Kota Padang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News