2012, Setgab Dipastikan Bubar

2012, Setgab Dipastikan Bubar
2012, Setgab Dipastikan Bubar
JAKARTA - Tahun 2012, diprediksi bakal menjadi tahun yang panas bagi sejumlah partai politik yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi Pendukung SBY-Boediono. Dua persoalan besar  yaitu pembahasan RUU Pemilu dan kasus Century ditengarai kuat mampu membubarkan setgab tahun depan.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsudin Haris menilai posisi setgab saat ini sangatlah rentan. Kerapuhan dalam barisan koalisi pendukung pemerintah ini salah satunya dipicu kegagalan mengantarkan Yunus Husein menjadi ketua KPK.

Kontan saja dalam posisi seperti ini, Demokrat sebagai bagian utama dari setgab seperti tidak berataring. "Indikasinya konflik itu sudah terlihat pada minggu ini karena pertemuan setgab tidak menghasilkan apa-apa. Apalagi saya baca di media PAN sudah mengancam akan keluar dari setgab," katanya dalam diskusi "Peta Politik dan Hukum 2012”  di Gedung DPD Jakarta, Jumat (9/12).

Menurut Haris, kasus skandal Century yang akan diungkap kembali, sangat mungkin menjadi alat negoisasi bagi partai-partai kecil dalam usahanya mempertahankan angka parliamentary threshold (PT) alias ambang batas di parlemen. "Tentunya akan ada tarik-menarik dan gesekan-gesekannya. Dalam perpolitikan, hal ini tentu sangat tidak mungkin dihindari," ujarnya.

JAKARTA - Tahun 2012, diprediksi bakal menjadi tahun yang panas bagi sejumlah partai politik yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News