2012, Kasus-Kasus Korupsi Bakal Makin Panas

2012, Kasus-Kasus Korupsi Bakal Makin Panas
2012, Kasus-Kasus Korupsi Bakal Makin Panas
JAKARTA - Pada 2012 mendatang, kasus-kasus korupsi yang terungkap diperkirakan akan semakin banyak. Karenanya, konsistensi dan independensi penegak hukum dalam menangani kasus korupsi menjadi harapan banyak kalangan.

Wakil Ketua Komisi III DPR yang membidangi hukum, Azis Syamsuddin, menyatakan, kondisi hukum ke depan sangat berkaitan dengan figur-figur yang duduk di posisi penting lembaga penegakan hukum. Politisi muda Golkar itu memperkirakan beberapa kasus korupsi yang akan meledak di kemudian hari yaitu kasus suap Badan Anggaran yang menyeret anggota DPR Wa Ode Nurhayati, kasus cek pelawat yang menyeret Nunun Nurbaetie, serta kasus besar lainnya seperti wisma atlet dan Century.

"Itu kan sudah ke mana-mana. Lalu bagaimana ke depan? Ya tergantung mampu atau tidak aparat hukum menyelesaikan itu. Apakah aparat akan dikontrol politik atau kekuasaan atau tidak," ujar Azis dalam diskusi bertema 'Meneropong Kondisi Politik Hukum Indonesia 2012' yang digelar Indonesia Political Institute (IPI) di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (20/12).

Menurut Azis, jika penegak hukum konsisten maka kasus-kasus besar itu bisa diselesaikan di pengadilan. Diharapkan pula, kasus-kasus korupsi yang ditangani itu bisa mengembalikan aset negara yang dikorupsi.

JAKARTA - Pada 2012 mendatang, kasus-kasus korupsi yang terungkap diperkirakan akan semakin banyak. Karenanya, konsistensi dan independensi penegak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News