3 Ribu Guru Sarjana Akan Dikirim ke Daerah Terpencil

3 Ribu Guru Sarjana Akan Dikirim ke Daerah Terpencil
3 Ribu Guru Sarjana Akan Dikirim ke Daerah Terpencil
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana akan mengirimkan sebanyak 3000 sarjana untuk dijadikan tenaga pendidik atau guru ke daerah terpencil, terdalam dan tertinggal (3T). Menurut Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan, pada Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Supriadi Rustad rencana pengiriman ini untuk mengatasi kelangkaan guru di daerah 3T tersebut.

"Program ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak awal tahun 2011. Akan tetapi efektif dilakukan mulai tahun 2012 dan akan berlangsung hingga tahun 2015," ungkap Supriadi di Jakarta, Minggu (25/12).

Di dalam program yang bertajuk Sarjana Mendidik ini, lanjut Supriadi, secara tidak langsung juga bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebelum mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).  Menurutnya, hal ini sesuai dengan ketentuan prasyarat menjadi guru.

"Jika dilihat dari ketentuan prasyarat untuk menjadi guru, para calon guru memang diharuskan untuk mengikuti pelatihan di LPTK. Kemudian, baru mengikuti  PPG," ujar Supriadi.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana akan mengirimkan sebanyak 3000 sarjana untuk dijadikan tenaga pendidik atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News